Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sup Labu Kuning Sederhana

 


Sup labu kuning ini dibuat menggunakan bahan labu kuning atau disebut juga labu parang, atau squash. Ada juga yang membuatnya dengan labu Jepang atau kabocha. Labu Jepang atau kabocha ini bentuknya seperti labu parang, tetapi warna orangenya lebih mencolok dan ukurannya lebih kecil. Namun ada juga kabocha yang kulit luarnya berwarna hijau. Sup labu kuning ini sangat mudah dibuat, dan menggunakan bahan - bahan yang tidak begitu  banyak.

Resep sup labu kuning ini dapat menjadi variasi sup lembut yang cocok dinikmati saat hangat, apalagi di cuaca yang dingin. Memiliki tekstur yang kental dan creamy, juga warna orange yang segar, sangat cantik dengan taburan topping peterseli cincang atau oregano. 

Karena teksturnya yang lembut, maka sup ini juga cocok untuk variasi menu MPASI dan anak - anak. Selain lezat rasanya, sup ini juga sangat bergizi dan penuh nutrisi. Labu kuning atau labu parang mengandung betakaroten, vitamin C, kalium, zat besi, asam folat dan mineral lainnya, Betakaroten baik untuk kesehatan mata dan juga organ tubuh lainnya. Asam folat bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis anemia, membantu pembentukan janin dan menjaga kesehatan kandungan.

Sup ini biasanya disajikan dengan garlic bread, toast, atau crouton. Crouton adalah potongan roti yang berbentuk dadu kecil yang dipanggang. Nah, sudah tidak sabar untuk menikmatinya bukan? Yuk cobain resepnya dan nikmati bersama keluarga.

Bahan - bahan :

  • Labu kuning 1 kg, dikupas dan dipotong kotak - kotak
  • Bawang bombay 1 buah, cincang halus
  • Bawang putih 3 siung, cincang halus
  • Kuah kaldu ayam atau kaldu sayuran 750 ml
  • Susu cair  250 ml
  • Mentega atau margarin 3 sendok makan
  • Garam dan gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Peterseli cincang untuk taburan
Cara membuatnya :
  1. Panaskan mentega atau margarin di dalam panci sup
  2. Masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum
  3. Masukkan air kaldu, aduk - aduk
  4. Masukkan potongan labu kuning 
  5. Tutup panci hingga mendidih dan labu kuning empuk, api kecil sampai sedang saja
  6. Setelah labu kuning empuk (cek tusuk dengan garpu), dinginkan sebentar
  7. Setelah agak dingin, lumatkan dengan hand blender, atau dengan blender biasa
  8. Setelah diblender dan berbentuk puree, panaskan lagi di panci
  9. Tambahkan susu cair, garam, gula, dan merica, aduk merata dan didihkan.
  10. Cek rasa, letakkan ke dalam mangkuk sup. Taburkan peterseli cincang diatas sup. 
  11. Sajikan dengan garlic bread atau toast atau crouton.

Sup ini tahan disimpan dalam kulkas sekitar 4-5 hari, dan tahan disimpan di freezer selama 2 bulan. Jika ingin memanaskannya, keluarkan dari kulkas atau freezer, tunggu hingga mencapai suhu ruang, lalu panaskan. Tambahkan sedikit air saat memanaskan sup, karena biasanya sup akan mengental jika didinginkan dalam kulkas atau freezer. 
Bagaimana? Cukup mudah dan cepat bukan membuatnya? Selamat mencoba.
Butuh peralatan memasak atau peralatan dapur yang recommended? Bisa cek disini

16 komentar untuk "Resep Sup Labu Kuning Sederhana"

  1. resepnya sangat menarik untuk dicoba nih kak, kalau disini labu paling di kukus atau dibikin kolak saja hehe.

    BalasHapus
  2. Belum pernah makan sayur labu kuning. Bahkan labunya sendiri pernah makan saat di es campur sepertinya. Penasaran rasanya seperti apa ya, kalau disayur

    BalasHapus
  3. Oh aku biasanya klo malan labu kuning ini cukup dikukus aja. Klo lebih rajin ya kubuat kolak.

    BalasHapus
  4. Wah, biasanya yang buat sayur labu biasa, ternyata labu kuning bisa juga ya. Soalnya labu kuning cenderung untuk cemilan manis yaa :D
    Resepnya boleh juga sih dicoba, kayanya simple dan gak terlalu susah, ihihi.

    BalasHapus
  5. Terima kasih telah membagikan resep ini, jadi pengen coba masak secepatnya dan menikmatinya bersama keluarga. Semoga artikel ini menginspirasi lebih banyak orang untuk mencoba memasak hidangan yang lezat dan sehat seperti sup labu kuning ini yess....

    BalasHapus
  6. Saya belum pernah mengolah labu kuning atau kabocha jadi sayur sop. Biasanya labu kuning ini saya buat jadi kolak. Rasanya enak dan lembut kalau dibuat jadi kolak

    BalasHapus
  7. baca resepnya sih bisa jadi ide buat dieksekusi nih, apalagi biasanya cuma tahu labu kuning sebatas cemilan yg dikukus. ternyata jg bisa ya dibikin sup, berartirasanya ke arah gurih gt ini ya kak

    BalasHapus
  8. wah baru tahu ada masakan sup labu kuning, penasaran dengan rasanya.

    BalasHapus
  9. Resep Sup Labu Kuning Sederhana ini terlihat lezat dan mudah untuk disiapkan. Saya suka bagaimana Anda menjelaskan manfaat gizi dari labu kuning dan bagaimana sup ini cocok untuk berbagai kesempatan, termasuk sebagai menu MPASI untuk anak-anak. Terima kasih atas berbagi resep yang berguna ini!

    BalasHapus
  10. Pernah cobain beberapa resep labu kuning tapi belum pernah yang versi cream soup gurih seperti di atas. Kayaknya makan sama roti bakar enak nih.

    BalasHapus
  11. saya pecinta labu kuning mba
    cucok bgt nih. pengen nyoba nnt resepnya

    BalasHapus
  12. Menarik nih resepnya. Di saat musim hujan gini, emang paling enak makan yang hangat hangat kek sup labu ini.

    BalasHapus
  13. Jujur aku gak suka labu kuning. Tapi pas liat resep ini kok pengen coba ya.. looks-nya bikin ngiler hehe

    BalasHapus
  14. Nggak pernah tau kalau labu bisa dijadikan masakan seperti ini, biasanya taunya cuma buat dibikin bubur atau kolak, atau enggak dikukus.. penasaran rasanya bakal gimana ya?

    BalasHapus
  15. Beberapa saat lalu saya melihat resep yang mirip namun dengan campuran sayur beragam. Sangat tertarik membuat masakan dengan jenis puree terutama untuk pilihan saat kurang sehat

    BalasHapus
  16. olahan labu kuning itu memang gak ada matinya sih ya, anakku juga suka labu kuning, saya sih biasanya masak pakai santan aja buat anak-anak nambah terus, hihih, kapan-kapan boleh juga nih cobain buat sup labu kuning sederhana :)

    BalasHapus