Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Es Pisang Ijo Lembut, Enak dan Menyegarkan

 

Es pisang ijo

Es pisang ijo merupakan salah satu jajanan khas Makassar yang populer hingga ke berbagai kota di seluruh Indonesia. Saking populernya jajanan satu ini, sudah banyak gerai-gerai yang menjualnya dan bisa dinikmati di kota mana saja.

Sesuai namanya, es pisang ijo terdiri dari pisang yang dibalut oleh adonan berwarna hijau, lalu dipotong dan disajikan dengan bubur sumsum, kuah santan, sirop merah serta es.

Rasa lembut dari bubur sumsum, legitnya pisang ijo dan kesegaran dari es membuat es pisang ijo sangat disukai banyak orang, lho.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat sendiri di rumah, yuk ikuti resep es pisang ijo khas Makassar di bawah ini, ya.

Bahan Membuat Pisang Ijo:

● Pisang kepok/pisang nangka/pisang tanduk 10 buah

● Air 600 ml

● Tepung beras 150 gram

● Tepung terigu 150 gram

● Gula pasir 60 gram

● Santan kental instan 65 ml

● Garam 1/2 sdt

● Pasta pandan secukupnya

Bahan untuk Bubur Sumsum:

● Air 750 ml

● Tepung beras 100 gram

● Santan kental instan 65 ml

● Garam 1/2 sdt

● Daun pandan 2 lembar

Bahan Membuat Saus Santan:

● Santan kental instan 65 ml

● Air 500 ml

● Daun pandan 2 lembar

● Tepung maizena 2 sdm

● Garam 1/2 sdt

Bahan-bahan Pelengkap:

● Sirup pisang ambon atau coco pandan secukupnya

● Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat Es Pisang Ijo:

● Langkah pertama, silakan kukus pisang dengan kulitnya terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit, kalau sudah, langsung angkat dan dinginkan.

● Selanjutnya, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, tepung beras, air dan santan kental. Aduk-aduk sampai merata dan tambahkan pasta pandan secukupnya.

● Langkah berikutnya, lakukan penyaringan adonan kulit supaya terpisah dari adonan yang bergerindil. Kemudian, masak dengan api kecil sampai matang. Oh iya, selama proses pemasakan, pastikan untuk terus mengaduknya, ya. Kalau sudah matang, segera angkat dan sisihkan ke dalam wadah bersih.

● Siapkan plastik bersih dan olesi dengan minyak sayur tipis-tipis saja. Ambil adonan kulit yang sudah disisihkan tadi sebanyak 1-2 sdm saja, lalu pipihkan.

● Ambil satu buah pisang dan tutupi semua bagian permukaan pisang dengan adonan kulit tadi. Lakukan cara ini sampai adonan dan pisang habis, lalu kukus menggunakan api sedang cenderung kecil sekitar 20 menit. Kalau takut menempel, adonan ini bisa dibungkus memakai daun pisang, ya. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan ke dalam kulkas.

● Selanjutnya, Anda dapat mulai membuat bubur sumsum. Caranya masukkan semua bahan bubur sumsum yang tadi sudah dipersiapkan ke dalam panci dan aduk-aduk sampai merata.

● Masak bubur sumsum dengan api kecil dan aduk-aduk terus sampai matang. Ciri bubur sumsum yang sudah matang adalah terlihat mengental serta memiliki banyak letupan. Sehingga, jika sudah terlihat matang, Anda dapat segera mengangkatnya dan dinginkan.

● Sementara untuk membuat saus santannya, silakan masukkan semua bahan yang sudah Anda siapkan tadi ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga terlihat mendidih, lalu angkat serta dinginkan.

● Apabila semua bahan sudah terasa dingin, kini saatnya untuk menyajikan es pisang ijo tersebut. Silakan potong-potong pisang dengan ukuran sesuai selera.

● Siapkan mangkuk saji dan tuangkan es batu atau es serut secukupnya.

● Tambahkan bubur sumsum secukupnya, lalu tata pisang ijo di atas bubur sumsum dan masukkan saus santan di atas es.

● Terakhir, tambahkan sirup cocopandan atau DHT secukupnya, lalu susu kental manis sesuai selera dan es pisang ijo pun sudah siap untuk Anda dan keluarga nikmati.

Nah, itulah resep es pisang ijo khas Makassar yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Resep ini cocok untuk disajikan kepada keluarga maupun untuk berjualan, lho. Gimana, tertarik untuk membuatnya?

Bunda bisa cari peralatan dapur dan peralatan memasak yang oke dan terjangkau disini ya Dapur Cinta


28 komentar untuk "Resep Es Pisang Ijo Lembut, Enak dan Menyegarkan"

  1. membuat hidangan es, bisa memeriahkan suasana kebersamaan di keluarga.. dan beruntungnya, dewasa ini, resep minuman segar seperti ini mudah ditemukan di internet seperti artikel ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Yuk dicoba resepnya, terima kasih sudah mampir di blog saya.

      Hapus
  2. Kebetulan banget lagi ngidam es ke istri, liat es pisang ijo kaya di foto di atas malah buat ngiler. Auto request ke istri sambil ikutin panduan ngebuatnya di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mudah diikuti ya kak resepnya. Terima kasih sudah mampir di blog saya.

      Hapus
  3. segerrr bangett dan terlihat enak, jadi mau praktek bikin juga. Btw, untuk jenis pisangnya apakah ada rekomendasi jenis lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang biasanya dipakai pisang kepok dan pisang tanduk kak, mudah dicari juga. Pakai pisang nangka juga bisa, pisang nangka lebih wangi.

      Hapus
  4. Es pisang ijo, mempunyai rasa nikmat karena keunikan bahan. Siang hari saat yang tepat untuk di nikmati.

    BalasHapus
  5. Duh pasti enak bgt itu... kakakku permah buat, dia blg bikinnya susah banget.. perosesnya panjang. Tp habisnya sekejap ya. Heheheh favorit bgt sm pisjo dr Makasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, membuatnya lumayan harus sabar. Makannya sekejab saja :)

      Hapus
  6. Seger dan terlihat sangat enak. Pas banget ini di nikmati pas siang-siang.

    BalasHapus
  7. duh! super banget sih ini, bikin aku ngiler buat icipin. Jadi pengen buat sendiri pas weekend ini. terlihat menggoda sekali... duh ngencez!

    BalasHapus
  8. seger banget kayaknya, apalagi di makan sehabis puasa, bikin ngiler hha

    BalasHapus
  9. Besok mau coba buat ah. Soalnya bahan-bahannya ternyata gak seribet yang aku kira, hehe

    BalasHapus
  10. weeeeeeeeeeeladhalahhhhh..... kacau kalao baca postingan artikel kek gene ene....
    jadi ribet mesti panggil istri u baca juga n langsung praktek....
    ahahahahaha
    keren boskuh
    salam rahayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya kak..istrinya suruh praktek. Terima kasih sudah mampir di blog saya.

      Hapus
  11. Bagus banget nih artikel buat ibunda yang sering makanan yang manis dan sehat.

    BalasHapus
  12. Dulu waktu di Solo suka sekali es pisang ijo ini setelah melihat resep di atas sepertinya saya memilih beli saja wkwkwk kalau bikin sendiri suka zonk

    BalasHapus
  13. Pas banget di rumah ada pisang kepok. Dibikin es pisang ijo enak banget ya. Aku save resepnya ya Kak, mau nyobain juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak. Selamat mencoba ya. Terima kasih sudah mampir di blog saya.

      Hapus
  14. Wahhh kalo udah berkunjung ke dapur cinta pengennya cari produknya ada gak yah di sekitar rumahku hahah

    BalasHapus
  15. Aaah kebayang segernya menikmati es pisang ijo yang manis dan gurih ini di kala terik mentari memanggang dunia. Semarang panas banget kaaakk... cocok nih klo siang2 menyantap es pisang ijo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, dengar kabar Semarang panas banget ya. Semoga turun hujan ya disana. Selamat mencoba :)

      Hapus
  16. Akhirnya dapat resep Es Pisang Ijo yang manis dan segar ini... aku sekeluarga suka banget dengan es Pisang Ijo ini. Hampir disetiap acara harus ada es ini....

    BalasHapus
  17. Makanan favorit suami dan aku juga niih, ahaha. Kepengen bisa masak sendiri juga sebenernya, Alhamdulillah sekarang dapet resepnyaa, TFS kaa! :D

    BalasHapus
  18. Ternyata Es Pisang Ijo ini khas Makassar ya, baru tahu. Saking populernya banyak lihat di kota-kota besar di Indonesia. Makasih resepnya ya!

    BalasHapus
  19. wah mantep nih resepnya, saya mulai tau dan suka es pisang ijo saat masih kerja di kantor lama dan waktu dinas ke makassar sering banget makan es pisang ijo ini.

    BalasHapus
  20. Kayaknya mending beli aja di mamang-mamang di sekolah. Walaupun sebenernya tau kalo rasanya belum tentu otentik. Belinya juga ga sering sih ya. haha. sekali-kali boleh lah.

    BalasHapus
  21. Es pisang ijo nih enak banget, seger banget apalagi kalau dimakan lagi terik panas. Seger bangettt

    BalasHapus