Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rendang Sapi Empuk, Enak dan Bikin Nagih

 

Rendang Sapi
Sumber : Freepik


Siapa yang tidak mengenal rendang? Makanan khas Minangkabau, Sumatera Barat ini seringkali hadir saat hari lebaran maupun ketika berkunjung ke rumah nasi Padang. Usut punya usut, rendang berasal dari bahasa Minang, yaitu “randang”. Arti randang sendiri mengacu kepada teknik memasak yang dikenal dengan teknik marandang, yaitu memasak atau membalik makanan dalam waktu lama sampai menjadi kering.

Adapun ciri khas dari rendang sapi khas Minangkabau adalah memiliki tekstur yang kering, beraroma kuat dan memiliki warna coklat gelap. Warna serta tekstur itu didapat dari hasil proses memasak yang lama menggunakan api kecil.

Nah, bagi yang ingin tahu resep rendang sapi yang enak, empuk, nikmat dan bikin nagih, maka bisa cek di bawah ini.

Resep Rendang Sapi Padang yang Empuk, Nikmat dan Bikin Ketagihan

Resep rendang sapi ini cocok dibuat untuk 4 porsi dengan bahan-bahan serta cara membuat sebagai berikut:

Bahan-bahan:

● Daging sapi bagian sengkel sebanyak 600 gram, potong bentuk kotak berukuran 5 cm

● Daun jeruk 3 lembar

● Serai 2 batang, memarkan

● Daun salam 2 lembar

● Daun kunyit 1 lembar

● Pala bubuk 1/2 sdt

● Air 2.5 liter

● Santan instan 130 ml

● Kaldu sapi bubuk 1 sdm

● Garam 1/2 sdm

● Minyak untuk menumis sebanyak 5 sdm.


Bumbu Halus:

● Cabai merah keriting 120 gram

● Bawang merah 15 butir

● Bawang putih 10 siung

● Lengkuas 3 cm

● Kunyit 2 cm

● Jahe 1 cm.


Cara Membuat Rendang Sapi Padang:

● Pertama, silakan panaskan minyak terlebih dahulu, lalu tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun salam, serai, daun kunyit, serta pala sampai tercium aroma harum.

● Selanjutnya, masukkan daging yang sudah dipotong-potong sebelumnya, lalu aduk sampai rata. Kalau sudah rata dengan bumbu, tambahkan air dan masak sampai mendidih.

● Kemudian, tambahkan santan, kaldu sapi bubuk, serta garam dengan takaran yang sudah disediakan. Masak sambil diaduk-aduk sampai air terserap abis serta minyaknya keluar.

● Terakhir, silakan cek rasa, jika masih ada yang kurang, bisa ditambahkan bumbu-bumbunya, kalau sudah pas, maka bisa angkat dan sajikan.


Tips Memasak Rendang Sapi agar Lezat dan Memuaskan

Ada beberapa tips memasak rendang sapi yang bisa Anda lakukan agar terasa lezat dan memuaskan, yaitu:

● Pastikan memilih daging sapi yang pas, yaitu daging yang tidak memiliki banyak otot agar memiliki tekstur lembut saat Anda memasaknya.

● Pilih bagian sengkel atau betis sapi untuk memasak rendang karena bagian ini mengandung kolagen yang membuat daging menjadi lebih empuk.

● Proses karamelisasi rendang untuk daging bagian sengkel membutuhkan waktu sekitar 9 jam agar bumbunya meresap. Namun, jika memilih daging dengan standar supermarket, maka proses karamelisasi hanya membutuhkan waktu 4 jam saja.

● Untuk memastikan bahwa daging sudah terkaramelisasi baik, Anda bisa melihat bumbunya yang dimasak sudah berubah menjadi kehitaman.

● Untuk santan, sebenarnya bisa menggunakan santan instan, namun/ jika ingin rasanya lebih gurih, Anda bisa menggunakan perasan santan kental dari kelapa tua tanpa perlu menambahkan air lagi.

Bagaimana, resep rendang sapi ini bisa diikuti dengan mudah dan praktis, ‘kan? Anda bisa menyantap rendang dengan daging sapi yang empuk, lezat dan nikmat bersama keluarga tercinta. Biar makin lengkap, Anda bisa menyajikan rendang sapi dengan daun singkong rebus, sambal ijo padang serta teri balado. Jadi, semakin nikmat dan membuat semua orang yang menyantapnya menjadi ingin tambah lagi, lho.

Saya beli daging sapi rendangnya disini Daging rendang premium Tangerang Selatan

Atau untuk daerah Jakarta Barat disini Daging rendang premium Jakarta Barat

Anda butuh peralatan dapur dan memasak yang recommended? Cek aja disini Dapur Cinta


Posting Komentar untuk "Resep Rendang Sapi Empuk, Enak dan Bikin Nagih"