Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Soto Bandung yang Lezat, Gurih dan Praktis

 

Soto Bandung

Soto Bandung merupakan salah satu jenis soto populer khas Indonesia yang cocok disajikan selagi hangat. Ciri khas dari soto Bandung adalah kuahnya yang berwarna bening dengan cita rasa enak, gurih serta lezat disantap saat cuaca dingin atau berangin.

Walaupun racikan dari soto ini terbilang sederhana, namun kota Kembang dapat menyulapnya menjadi hidangan yang sangat nikmat, lho. Daging sapi yang direbus bersama dengan lobak akan memberikan rasa gurih alami, sehingga membuat siapa saja yang mencicipinya dijamin ketagihan.

Selain itu, soto Bandung cocok dinikmati bersama kacang kedelai goreng, kucuran air jeruk limau serta sambal rawit yang diaduk menjadi satu. Perpaduan bahan pelengkap ini akan memberikan cita rasa yang begitu segar, nikmat, gurih serta enak.

Soto Bandung cocok dinikmati bersama nasi panas, lho. Menariknya, hidangan khas Bandung ini bisa diberikan kepada orang-orang yang sedang kurang sehat, sehingga membuat mereka menjadi segar kembali.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat soto Bandung di rumah sendiri, maka tidak perlu bingung. Anda bisa mengikuti resep soto Bandung enak, gurih dan menyegarkan yang sudah disiapkan berikut ini.

Bahan-bahan:

● Daging sapi tetelan atau sandung lamur sebanyak 500 gram

● Air 1.5 liter

● Daun salam 2 lembar

● Lengkuas 2 cm, memarkan

● Serai 1 batang

● Daun jeruk perut 2 lembar

● Lobak putih 1 buah dengan berat sekitar 250 gram, kupas dan iris tipis-tipis

Bumbu Halus:

● Bawang putih 5 siung

● Merica butiran 1/2 sdt

● Jahe 1/2 cm

● Garam 2 sdt

Bahan Pelengkap:

● Daun bawang iris halus secukupnya

● Sambal rawit merah

● Kedelai goreng

● Jeruk limau

● Bawang merah goreng.

Cara Membuat Soto Bandung:

● Pertama, silakan potong-potong daging tetelan atau sandung lamur sapi yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

● Setelah itu, didihkan air ke dalam panci dan masukkan potongan daging sapi tadi.

● Rebus daging menggunakan api kecil sampai daging terasa lunak dan kuahnya mulai berkurang.

● Selanjutnya, haluskan semua bahan-bahan untuk membuat bumbu dan masukkan ke dalam rebusan daging.

● Pastikan memasaknya sampai mendidih agar semua bumbu bisa meresap dengan baik.

● Tambahkan irisan lobak, lalu didihkan sampai lunak dan angkat.

● Sajikan soto Bandung ke atas mangkuk dengan taburan kedelai goreng, bawang merah goreng, daun bawang, sambal rawit dan kucuran jeruk limau.

Nikmati soto Bandung yang sudah dibuat selagi hangat agar terasa lebih enak, gurih dan menyegarkan. Anda juga bisa menambahkan kerupuk kanji sebagai pelengkapnya agar semakin lezat saat disantap.

Sebagai tips, daging sapi yang akan digunakan untuk soto Bandung sebaiknya menggunakan daging berlemak agar memberikan cita rasa yang lebih gurih dan enak. Sehingga, daging sapi tetelan atau sandung lamur bisa menjadi pilihan untuk membuat soto Bandung.

Selain itu, memasak daging harus menggunakan api kecil supaya kuahnya tetap bening. Jangan lupa untuk membuang buih atau busa yang ada dipermukaan kaldu ketika Anda sedang merebus kaldunya, ya.

Resep soto Bandung ini bisa diikuti dengan total waktu penyajian selama 30 menit. Adapun hasil penyajiannya adalah sebanyak 6 porsi untuk keluarga tercinta. Kalau porsinya ingin lebih banyak, Anda cukup menambah takaran bahan-bahannya sesuai selera saja.

Itulah resep soto Bandung yang bisa Anda praktekan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Bagaimana, cukup praktis dan tidak memerlukan waktu lama, ‘kan? Anda bisa membuat soto Bandung saat cuaca hujan atau berangin, sehingga membuat tubuh merasa hangat dan nyaman.

Untuk daging sandung lamurnya, saya beli disini Daging sandung lamur Tangsel

Untuk daerah Jakarta Timur, bisa beli disini Daging sandung lamur Jakarta Timur

Bunda sedang mencari peralatan masak dan dapur recommended? Bisa cek disini ya Dapur Cinta

 

Posting Komentar untuk "Resep Soto Bandung yang Lezat, Gurih dan Praktis"