Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Brownies Kukus yang Empuk dan Lembut di Mulut

 

Brownies kukus

Siapa nih yang ingin mencoba membuat bolu brownies? Kini, membuat brownies yang empuk dan lembut di mulut bisa Anda buat tanpa menggunakan oven, tetapi hanya bermodalkan kukusan. Tentu saja, hal ini membuat proses pembuatan brownies menjadi lebih mudah dan praktis, terutama untuk para pemula.

Tekstur yang dimiliki brownies kukus cenderung lebih lembut serta tidak terlalu padat. Brownies kukus ini cocok Anda hidangkan untuk cemilan manis keluarga. Selain itu, Anda juga dapat menghidangkannya saat acara-acara tertentu, lalu tambahkan topping agar menarik perhatian.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat brownies kukus, yuk langsung saja simak resep terbaiknya berikut ini:

Bahan-bahan:

Bahan yang perlu Anda persiapkan untuk membuat brownies kukus, yaitu:

● Telur 4 butir

● Gula pasir 150 gram

● Cake emulsifier (SP) 2 sdt

● Tepung terigu protein sedang 80 gram

● Coklat bubuk 35 gram

● Baking powder 1 sdt

● Dark cooking chocolate 75 gram

● Mentega 120 gram

● Susu kental manis coklat 50 ml

Loyang yang Dipakai:

● Loyang brownies

Cara Membuat Brownies Kukus:

● Langkah pertama, silakan panaskan kukusan dengan api sedang terlebih dahulu.

● Olesi loyang menggunakan margarin, lalu alasi dengan baking paper agar lebih mudah saat akan melepaskannya dari loyang.

● Selanjutnya, mulai campurkan dark cooking chocolate dengan mentega dan lelehkan dengan cara ditim, namun jangan sampai mendidih. Kalau sudah, Anda bisa langsung mendinginkannya dalam suhu ruangan.

● Kocok telur, sp dan gula pasir sampai mengembang serta kental berjejak.

● Masukkan campuran coklat bubuk, tepung terigu, vanili serta baking powder yang sudah Anda ayak sebelumnya. Kocok sebentar dengan speed yang rendah agar rata saja dan jangan overmix, ya.

● Tuangkan campurkan mentega dan dark cooking chocolate tadi, lalu aduk balik sampai merata serta tidak ada endapan cairan di bagian bawahnya.

● Kemudian, ambil dua sendok makan penuh adonan dan campurkan dengan susu kental manis coklat, lalu susuhkan untuk bagian lapisan tengahnya.

● Bagi adonan utama menjadi dua bagian dengan ukuran sama banyak. Lalu, tuang 1 bagian adonan ke dalam loyang dan ratakan serta kukus dengan durasi sekitar 10 menit.

● Selanjutnya, tuangkan adonan yang sudah Anda campurkan dengan susu kental manis coklat, kukus lagi sekitar 10 menit.

● Jika sudah 10 menit, tuangkan lagi sisa adonan utama terakhir, ratakan dan kukus selama 30 menit.

● Terakhir, keluarkan loyang dari kukusan dan tunggu sampai dingin. Jika sudah dingin, barulah Anda bisa mengeluarkan brownies kukus dari loyang, lalu potong-potong dan sajikan.

Resep brownies kukus ini dapat Anda ikuti dengan durasi pembuatan selama 1 jam. Untuk api yang digunakan, pastikan Anda memakai api sedang agar brownies kukus yang dibuat tidak pecah, mekar atau bergelombang.

Selain itu, ketika brownies kukus sudah matang, jangan langsung Anda keluarkan dari loyang, namun tunggu sampai brownies dingin agar saat diangkat tidak patah dan dapat memberikan tampilan yang sempurna.

Itulah resep brownies kukus yang empuk dan lembut untuk Anda buat sendiri di rumah. Bagaimana, tidak sulit untuk membuatnya, ‘kan? Tak hanya sebagai cemilan keluarga, brownies kukus ini juga bisa menjadi ide jualan yang populer dan disukai oleh banyak kalangan karena rasanya yang enak, lembut serta empuk. So, yuk coba mulai buat resep brownies kukus dengan resep di atas sekarang juga!

Loyang brownies dengan berbagai ukuran bisa dibeli disini Loyang Brownies

Mau cari peralatan masak dan dapur yang oke dan terjangkau? Cek disini ya Dapur Cinta

Posting Komentar untuk "Resep Brownies Kukus yang Empuk dan Lembut di Mulut"