Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Sederhana dan Bikin Ketagihan

 

Sambal goreng ati

Indonesia memiliki berbagai macam jenis sambal, salah satunya adalah sambal goreng kentang ati. Untuk bahan atinya pun bisa disesuaikan tergantung selera, misalnya menggunakan ati ampela atau ati sapi.

Kuliner sambal goreng kentang ati ampela cocok dihidangkan saat hari-hari spesial atau hari tertentu, seperti hari raya, hajatan, arisan, kumpul-kumpul bersama keluarga besar dan hari lainnya.

Menariknya, sambal goreng kentang ati bisa Anda buat secara mudah dan praktis tanpa memerlukan waktu banyak, lho. Terlebih bahan-bahan yang perlu disediakan pun cukup mudah karena memakai bahan yang sering Anda gunakan setiap hari. Jadi, tidak perlu ribet saat mencari bahannya ketika ingin membuat kuliner ini, ya.

Nah, jika Anda ingin mulai mencoba resep sambal goreng kentang ati, maka bisa cek informasinya di bawah ini.

Bahan-bahan:

● Ati ampela ayam 5 pasang

● Kentang berukuran besar 3 buah

● Jeruk nipis 1 buah

● Daun salam 3 lembar

● Daun jeruk 2 lembar

● Lengkuas 2 cm, digeprek

● Bawang merah 12 siung

● Bawang putih 6 siung

● Sereh 1 batang, digeprek

● Cabai keriting 15 buah (bisa dicampur dengan cabai rawit merah, ya)

● Kemiri 3 buah (boleh dibakar atau digoreng, tergantung selera saja)

● Garam dan gula secukupnya.

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Ati:

Jika semua bahan telah siap, saatnya masuk ke tahap cara pembuatan sambal goreng kentang ati, yaitu:

● Pertama, silakan cuci bersih ati ampela menggunakan air perasan jeruk nipis serta garam, lalu diamkan selama beberapa saat.

● Kupas kentang yang sudah disiapkan, lalu potong berbentuk dadu. Kalau sudah, Anda bisa merendam kentang yang sudah dipotong ke dalam air garam dan goreng sampai terasa empuk.

● Rebus ati ampela ke dalam air yang sudah berisi 1 siung bawang putih geprek serta selembar daun salam. Kalau sudah matang, tiriskan dan potong menjadi dua bagian, lalu sisihkan.

● Sambil merebus ati ampela, Anda bisa mulai menghaluskan bahan bumbu, seperti cabe merah 10 buah, bawang putih 5 siung, bawang merah 5 siung serta kemiri 3 butir yang sudah dibakar atau digoreng.

● Untuk 5 cabe merah sisanya bisa dipotong dengan bentuk memanjang, lalu sisihkan.

● Sementara sisa bawang merah bisa diiris tipis-tipis dan ditumis dengan minyak panas. Kalau sudah tercium aroma harum serta layu, Anda bisa memasukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.

● Selanjutnya, tambahkan daun salam sebanyak 2 lembar, sereh, lengkuas, daun jeruk serta irisan cabe merah.

● Tambahkan gula serta garam secukupnya, lalu masukkan ati ampela dan aduk-aduk sampai rata.

● Kemudian, masukkan kentang yang tadi sudah digoreng, lalu tambahkan air sedikit saja.

● Terakhir, Anda bisa melakukan koreksi rasa, kalau rasanya masih kurang, maka bisa tambahkan gula maupun garam lagi. Namun, jika sudah pas, maka bisa biarkan sampai air mengering, kemudian angkat dan sajikan.

Sambal kentang goreng kentang ati bisa dinikmati bersama nasi hangat serta lauk pauk lainnya. Tentu saja, cita rasa dari hidangan satu ini membuat siapapun ketagihan dan ingin nambah makan terus. Cocok dihidangkan untuk keluarga besar yang berkunjung ke rumah, lho.

Itulah resep sambal goreng kentang ati yang bisa Anda ikuti dan praktekan sendiri di rumah. Melalui resep di atas, kini membuat sambal goreng kentang ati yang lezat, enak dan bikin ketagihan pun bisa Anda kuasai dengan mudah, ‘kan? Jadi, tidak ada lagi alasan sulit membuatnya karena kini Anda sudah memiliki resep jitu yang cocok dengan lidah keluarga. 

Ati ampela ayam segar bisa dibeli disini Ati Ampela Ayam Segar

Bunda cari peralatan memasak dan peralatan dapur yang bagus dan terjangkau? Cek disini yuk Dapur Cinta

Posting Komentar untuk "Resep Sambal Goreng Kentang Ati Sederhana dan Bikin Ketagihan"