Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nastar Enak, Lembut, Lumer dan Anti Retak yang Mudah Dibuat

 

Nastar

Siapa nih yang masih bingung cara membuat kue nastar yang enak, lembut, lumer di mulut dan anti retak? Padahal sudah mencoba berbagai resep, tetapi masih saja hasilnya tidak sesuai harapan.

Nah, buat yang pernah mengalami hal serupa, kini Anda tidak perlu khawatir lagi, soalnya Anda bisa mengikuti resep nastar enak, lembut, lumer dan anti gagal yang mudah dibuat di sini, ya.

Seperti yang Anda tahu, nastar menjadi kue khas lebaran yang sering disajikan untuk para tamu. Namun, siapa sangka, ternyata kue nastar merupakan kue adaptasi dari Belanda yang memiliki nama “ananas taartjes” atau “pinneaple taart”, lho.

Kue berukuran mini ini memiliki bagian luar renyah, manis dan lembut dengan isian selai nanas yang asam manis. Saat ini, Anda bisa membuat variasi bentuk nastar yang beragam, mulai dari bentuk bulat (klasik), digulung, bentuk keranjang, bentuk daun dan lainnya.

Apabila Anda ingin membuat kue nastar dengan bentuk bulat, maka bisa ikuti resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

● Mentega 150 gram

● Margarin 100 gram

● Susu bubuk fullcream 20 gram

● Kuning telur ayam 2 butir

● Gula bubuk 80 gram, saring

Bahan yang Diayak Menjadi Satu:

● Tepung terigu protein rendah 300 gram

● Tepung maizena 50 gram

Bahan Isian Nastar:

● Selai nanas secukupnya

Bahan Olesan yang Dikocok Menjadi Satu:

● Kuning telur ayam 2 butir

● Pewarna kue kuning 1 tetes

● Susu cair 1 sdm

Cara Membuat Nastar:

● Pertama, Anda bisa membuat bahan isian nastar terlebih dahulu, yaitu dengan membentuk selai nanas menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu sisihkan.

● Selanjutnya, biarkan mentega beberapa saat di dalam suhu ruangan sampai terasa agak lunak. Kemudian, taruh ke dalam wadah bersih dan tambahkan margarin serta gula bubuk.

● Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai bahan menyatu, lalu masukkan kuning telur satu per satu dan aduk sampai merata.

● Masukkan campuran tepung terigu dan maizena yang sudah Anda ayak menjadi satu secara bertahap sambil diaduk-aduk sampai adonan terasa kalis. Jika adonan yang Anda buat terasa agak lembek, simpan dulu ke dalam kulkas selama beberapa saat.

● Apabila tekstur adonan sudah pas, Anda bisa membentuknya menjadi bola-bola, lalu pipihkan. Isi adonan bola-bola memakai selai nanas, lalu bulatkan lagi.

● Susun adonan di atas loyang datar dan panggang ke dalam oven yang sudah Anda panaskan dengan suhu 150 celcius. Jika sudah 10 menit, keluarkan adonan dari dalam oven, lalu diamkan sampai agak hangat.

● Oles permukaan adonan dengan bahan olesan, gunakan kuas kecil agar olesannya merata.

● Panggang lagi adonan ke dalam oven selama 20 menit sampai terlihat matang merata.

● Angkat dan dinginkan, lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara, selesai.

Resep nastar yang enak, lumer, lembut, anti retak dan bikin ketagihan ini bisa Anda buat dalam waktu 90 menit untuk penyajian 12 porsi. Kalau porsi nastar ingin lebih banyak, Anda dapat menambah takaran setiap bahannya tergantung porsi yang diinginkan, ya.

Selain itu, jika Anda tidak sempat membuat selai nanas, maka bisa pesan secara online atau di toko kue. Namun, pastikan memilih selai nanas yang tidak terlalu keras atau menggunakan banyak gula.

Begitu pula dengan olesan nastarnya bisa Anda beli dalam bentuk jadi di toko kue. Lalu, untuk ukuran nastar pun bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing.


23 komentar untuk "Resep Nastar Enak, Lembut, Lumer dan Anti Retak yang Mudah Dibuat"

  1. Wuaaaaa kue favoritku banget ini. Agak bahaya kalau ada nastar di rumah, bikin lupa diri saat makannya. Perasaan baru sedikit, ternyata tau-tau udah hampir setoples hehehe

    BalasHapus
  2. Nastar kue favorit saya dalam rasa, apalagi yang utuh sebelum di makan. Serasa woww.

    BalasHapus
  3. jujur belum pernah berani bikin karena udah takut gagal duluan hihi tapi kalau udah dapat resep yg terjamin begini sih jadi penasaran jg pingin coba

    BalasHapus
  4. Save dulu biar kayak yg lain. Masaknya kapan ya nanti dulu lah ya

    BalasHapus
  5. aku suka banget nastaaar tp belum pernah bikin sendiri sih hehe. karena kebetulan ada tante yang punya bakery. kapan-kapan deh pengen cobain bikin

    BalasHapus
  6. Menarik untuk dicoba, sangat informatif dan buat inovasi nastar dalam bentuk baru (lumer)

    BalasHapus
  7. Wah ini salah satu kue kering favorit di keluarga saya. Kue nastar yang enak memang yang lembut, lumer dan anti retak. Nyontek resepnya yaa...

    BalasHapus
  8. Cobacoba seperti ini kalau buat kesibukan saya kira menarik. Biar bisa dimakan bersama dengan keluarga. Bisa jadi makan yang favoritnini

    BalasHapus
  9. Lihat gambar nastar kemudian nulis komentar dengan background warna kuning seperti ini saya jadi lapar dan pengen nyemilin nastarnya deh, Mbak 😂

    BalasHapus
  10. Yummy.. Kue sejuta umat nih. Btw klo lembutnya adonan kue ky gini tergantung banyaknya telur y kak?

    BalasHapus
  11. Tampak gemoy-gemoy nastarnya. BTW aku tuh terkadang pingin iseng bikin kuker macam nasatar gini, tapi masalah utamaku adalah gapunya oven.

    BalasHapus
  12. Waaaah, langsung simpen resepnya. Aku kalau bikin nastar sering retak. Memang abis dimakan juga, tapi kalau untuk suguhan tamu kurang indah dipandang :))

    BalasHapus
  13. Aku tuh gak pernah nyesel buka dapur-cinta.com hadeuhhhh emang bikin pengen makan aja, ini blog kalo bisa dimakan bakal aku habisin x yah wkwk

    BalasHapus
  14. Makasih kak resep nya, langsung di praktekan nih. Buat produksi juga. 😁

    BalasHapus
  15. Wahh, kue favorit kalau pas lebaran. Hahaha, dan kue yang paling banyak bikin bb bergeser ke kanan. Anyway, q pernah bikin dan retak kurang matang, pas tak baca langkahnya baru ngeh ternyata dipanggang dua kali ya. Next coba bikin dari resep ini. Izin bookmark ya. ❤️

    BalasHapus
  16. Asyik punya resep nastar lumer anti gagal. Auto recook ini sih langsung, favorit banget

    BalasHapus
  17. Kenapa lihat nastar langsung ingetnya ke bulan puasa ya, hehe identik banget sama kue lebaran. Suka banget sama nastar tapi belum pernah bikin. Ternyata bahannya sedikit yaa aku kira banyak. Cara membuatnya juga cukup mudah. Cuuuss bikin!

    BalasHapus
  18. wah, resep yang simpel nih kak, mau kasih toping apapun, menurutku nastar pasti selalu enak apalagi jika masih anget, uhh rasanya bikin nagih, he

    BalasHapus
  19. Wah aku suka banget sama nastar...bisa habis makan satu setoples sendiri ..keren nih respnya mau coba bikin sendiri

    BalasHapus
  20. Kak aku simpen dulu linknya buat lebaran tahun depan ya wkwk btw ada ga kak resep kue takaran sendok yang mudah gitu? Supaya mudah dan gampang ka hihi, nice artikel kak:))

    BalasHapus
  21. Saya biasanya kalo lebaran ga bikin apa-apa. Selain peralatan yang terbatas juga rasanya lebih hemat kalo beli yg udah jadi. Tapi ya gitu. Kalau beli jadi, kita ngga tau rasanya gimana. Kalo beruntung dapet yang enak, tapi pasti ada aja kalanya dapet yang zonk.

    BalasHapus
  22. Nastar kue kesukaan suami ini hehe. Biasanya menjelang LeBaran baru buat selain itu gak wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. Salah satu kue lebaran favorit ini. Belum pernah bikin sendiri sih. Lebih ke tim yang suka nyicip, tapi sampe habis haha

    BalasHapus