Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Asinan Bogor Asam Manis yang Menyegarkan

 

Asinan Bogor

Saat cuaca panas, sudah pasti enaknya memakan sesuatu yang asam, manis, pedas dan menyegarkan, ‘kan? Nah, kali ini, ada resep asinan Bogor sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemui di pasar. Proses pembuatan asinan Bogor ini pun tidak memakan waktu lama, lho. Bahkan, bisa dibuat oleh Anda yang baru pertama kali mencobanya.

Menariknya, asinan Bogor terkenal sebagai jajanan yang menyehatkan karena terdiri dari berbagai macam buah-buahan serta sayuran sehat. Tak heran, hampir semua kalangan menyukai jajanan ini, sehingga asinan Bogor menjadi makanan khas Bogor yang tak pernah lekang oleh waktu.

Asinan Bogor bisa Anda simpan ke dalam kulkas dan dapat bertahan sekitar 3-5 hari. Tentunya, jika dimasukkan ke dalam kulkas, rasanya pasti akan lebih menyegarkan dan enak, terutama jika dikonsumsi saat cuaca panas.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat asinan Bogor di rumah, maka bisa ikuti resep berikut ini, ya.

Bahan-bahan:

● Nanas 1 buah

● Jambu air 10 buah

● Mentimun 3 buah

● Mangga muda 1 buah

● Kol secukupnya

● Toge secukupnya

Anda dapat menambahkan beberapa bahan buah-buahan lainnya agar semakin beraneka ragam dan menarik, ya. Sebab, bahan ini bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing.

Bahan Bumbu:

● Cabe merah besar 5 buah

● Cabe rawit kriting 5 buah

● Cabe rawit merah 2 buah

● Garam secukupnya

● Cuka secukupnya

● Gula pasir secukupnya

● Terasi secukupnya

● Air putih yang sudah matang secukupnya

Jika ingin terasa lebih pedas, maka dapat menambahkan porsi cabenya sesuai selera masing-masing. Namun, jika kurang menyukai pedas, maka jumlah cabe yang disarankan dalam resep sudah mencukupi.

Cara Membuat Asinan Bogor:

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, kini saatnya mulai masuk ke cara membuat asinan khas Bogor. Proses pembuatan asinan Bogor ini tidak akan memakan banyak waktu, lho.

Yuk, langsung saja ikuti cara-cara membuat asinan Bogor berikut ini:

● Pertama, siapkan bahan-bahan untuk membuat asinan bogor, kupas dan potong-potong sesuai selera, lalu cuci dengan air bersih

● Siapkan cabe merah besar, cabe kriting, cabai merah, gula pasir, terasi, garam, dan air secukupnya. Blender sampai lembut, lalu masukkan ke dalam wadah bersih dan tambahkan air serta cuka. Lakukan tes rasa, jika masih ada yang kurang, boleh ditambahkan lagi gula, garam atau cukanya sesuai selera.

● Selanjutnya, campurkan semua bahan yang sudah dicuci bersih ke dalam kuah asinan, lalu aduk sampai merata supaya kuahnya meresap.

● Masukkan asinan Bogor ini ke dalam kulkas agar terasa dingin dan menyegarkan.

● Selesai, Anda dapat menyajikan asinan Bogor ini dengan tambahan topping kacang goreng serta kerupuk mie. Nikmati asinan Bogor bersama keluarga atau teman saat santai, pastinya mereka akan suka dan minta tambah lagi, lho.

Itulah resep asinan Bogor sederhana yang bisa Anda buat di rumah. Asinan ini cocok dikonsumsi saat cuaca panas maupun dingin. Selain itu, asinan ini sudah pasti disukai oleh para ibu hamil karena rasanya yang asam, manis serta pedas.

Apabila ingin membuat asinan Bogor dengan porsi yang lebih banyak, maka bisa menambahkan porsi setiap bahannya tergantung kebutuhan masing-masing. Selain itu, resep ini bisa menjadi ide jualan untuk Anda yang tertarik berjualan asinan Bogor di rumah, ya. Soalnya, rasa sudah terjamin enak dan sudah pasti disukai oleh banyak kalangan.

Bunda ingin rekomendasi peralatan memasak dan dapur yang oke? Bisa liat disini ya Dapur Cinta

Posting Komentar untuk "Resep Asinan Bogor Asam Manis yang Menyegarkan"