Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Takoyaki Jepang yang Enak Ala Rumahan

 

takoyaki

Takoyaki merupakan jajanan khas Osaka, Jepang yang memiliki bentuk seperti bola-bola kecil dengan isian seafood, seperti gurita, cumi-cumi maupun udang yang telah dipotong kecil-kecil. Cita rasa dari takoyaki sangat empuk, lembut dan gurih dengan topping saus mayo yang membuatnya semakin nikmat.

Biasanya, takoyaki seringkali dijajakan oleh para pedagang kaki lima yang dibuat dadakan agar bisa dinikmati selagi hangat. Tentunya, isian dari takoyaki ini bisa diisi sesuai kreativitas atau selera. Bahkan, saus toppingnya pun bisa menggunakan saus sesuai selera masing-masing, lho.

Meskipun begitu, membuat takoyaki membutuhkan kesabaran karena adonan bola-bolanya harus dimasak serta dibalik satu persatu.

Nah, jika Anda ingin mencoba membuat takoyaki sendiri di rumah, maka bisa mulai mencobanya sekarang juga. Cukup sediakan bahan-bahan dari resep takoyaki ini, lalu mulai membuatnya mengikuti langkah-langkah berikut.

Bahan-bahan:

● Tepung terigu 140 gram

● Tepung maizena 10 gram

● Telur ayam 1 butir

● Kaldu dashi dingin 450 ml

● Garam 1/2 sdt

Isian Takoyaki:

● Udang kupas 50 gram, potong kecil-kecil

● Cumi kupas 50 gram, potong kecil

● 2 daun bawang, iris halus

● Acar jahe 1 sdm, iris halus

Bahan Pelengkap:

● Mayones Jepang

● Saus cabe

● Saus okonomoyaki atau takoyaki

● Katsuobushi

● Nori bubuk atau aonori

Cara Membuat Takoyaki Ala Rumahan:

● Siapkan wadah bersih ukuran sedang, lalu campurkan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam wadah tersebut. Jangan lupa untuk membuat cerukan pada bagian tengahnya.

● Masukkan garam dan telur ke dalam cerukan, lalu aduk memakai sumpit sampai tercampur dengan adonan terigunya.

● Sambil diaduk-aduk, tuangkan kaldu secara bertahap sampai adonan menjadi licin serta encer. Kalau masih bergerindil, saring adonannya dan diamkan selama  beberapa menit.

● Selanjutnya, panaskan cetakan takoyaki yang akan digunakan dengan cara disemir tipis-tipis memakai minyak.

● Tuangkan adonan ke dalam lubang cetakan sampai hampir penuh, lalu tambahkan potongan cumi atau udang, daun bawang serta acar jahe.

● Kalau pinggirnya sudah terlihat mulai kering, balikkan adonan takoyaki memakai dua tusuk sate sampai adonannya menjadi terlihat bulat.

● Tunggu sampai adonan menjadi benar-benar kering dan matang, lalu lakukan hal sama untuk adonan berikutnya sampai habis.

● Setelah semua adonan habis dan takoyaki sudah berhasil dibuat, susun takoyaki di atas piring saji. Tambahkan mayones, saus takoyaki, dan taburi dengan nori serta katsuobushi.

● Takoyaki ala rumahan sudah siap disajikan dan bisa dinikmati selagi hangat agar terasa nikmat dan enak.

Resep takoyaki ala rumahan ini bisa dibuat dengan waktu sekitar 45 menit saja untuk hasil 12 porsi takoyaki. Jika ingin mendapatkan hasil porsi yang lebih banyak, maka bisa menambahkan takaran bahan-bahannya sesuai selera masing-masing, ya.

Oh iya, untuk bahan-bahan khas Jepang, seperti bubuk nori, saus takoyaki, katsuobushi serta kaldu dashi bisa dibeli secara mudah di toko bahan makanan Jepang secara online.

Selain itu, Anda juga bisa memakai cetakan takoyaki sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Sebab, cetakan ini tersedia ke dalam berbagai ukuran, sehingga bisa Anda beli sesuai selera.

Itulah informasi seputar resep takoyaki yang bisa Anda ikuti dengan mudah di rumah. Melalui resep di atas, Anda bisa mulai membuat takoyaki sendiri di rumah tanpa perlu membelinya, lho. Tentu saja, rasanya pun tidak jauh berbeda dengan takoyaki asli khas Jepang. Anda bisa menikmati takoyaki ini sebagai hidangan enak saat sore hari atau ketika sedang berkumpul bersama keluarga. 

Kaldu dashi cairnya bisa dibeli disini Kaldu dashi cair Jepang

Saus takoyaki dan okonomiyaki bisa dibeli disini Saus takoyaki okonomiyaki

Nori bubuk atau aonori bisa dibeli disini Nori bubuk/aonori

Katsuobushi atau bonito flakes bisa dibeli disini Katsuobushi/Bonito flakes

Cetakan takoyakinya bisa dibeli disini Cetakan takoyaki

Bunda butuh peralatan memasak dan dapur lainnya? Bisa cek disini ya Dapur Cinta

Posting Komentar untuk "Resep Takoyaki Jepang yang Enak Ala Rumahan"